Minggu, 22 Mei 2016

Tuduhan Plagiarisme Pada lagu "Stairway To Heaven"

Sejak lama, sejumlah orang telah berpendapat bahwa arpeggio dalam intro lagu "Stairway to Heaven", memiliki kemiripan dengan lagu instrumental "Taurus" yang rilis tahun 1968, dalam debut album band Spirit dari Amerika Serikat.

Led Zeppelin memang pernah menjadi band pembuka Spirit dalam tur-tur awal mereka di Amerika, yang menimbulkan kecurigaan bahwa Led Zeppelin telah mendengar lagu Spirit sebelum "Stairway to Heaven" ditulis.

Dalam catatan saat lagu "Taurus" dirilis ulang tahun 1996, penulis lagu, Randy California menulis:

"Orang-orang selalu bertanya mengapa "Stairway to Heaven" terdengar persis seperti "Taurus", yang dirilis dua tahun sebelumnya. Aku tahu Led Zeppelin juga memainkan "Fresh Garbage" dalam set live mereka. Mereka menjadi band pembuka kami pada tur Amerika pertama mereka."

Kurangnya sumber daya yang cukup dikutip sebagai salah satu alasan mengapa Spirit tidak mengajukan gugatan sebelumnya. Seorang teman dari ibu Randy California menjelaskan, "Tidak ada yang punya uang (di band Spirit), dan mereka pikir undang-undang hak cipta telah dilakukan. Akan sangat baik jika Randy mendapat kredit (atas lagu itu)."

Jika gugatan Spirit berhasil, royalti masa lalu yang telah diterima dari "Stairway to Heaven"- diperkirakan lebih dari USD550 juta - tidak akan diganggu gugat. Namun pihak label dan komposer lagu "Taurus" berhak mendapat bagian dari keuntungan di masa depan.

(spirit/stairway to heaven)


Tuduhan Spirit memang beralasan. Intro di kedua lagu terdengar mirip karena memakai progresi chord dan memiliki nuansa yang hampir sama, hanya eksekusi detailnya yang berbeda. Masalahnya, Led Zeppelin mengulang terus bagian ini dari awal sampai verse dalam "Stairway to Heaven", yang bisa dibilang hampir setengah lagu.

Apapun alasannya, ketika Page dan Plant pergi ke Bron-Yr-Aur, sebuah cottage di pelosok Wales, untuk menulis dasar musik untuk "Stairway to Heaven", Jimmy Page jelas telah 'terinspirasi' oleh lagu "Taurus" dari Spirit.

Sampai saat ini belum ada keputusan final dari pengadilan mengenai gugatan tersebut. Proses gugatan ini akan banyak menemui kesulitan karena hingga saat ini, progresi chord belum memiliki hak cipta.

Setelah transisi di pertengahan lagu, Jimmy Page telah terbebas dari 'pengaruh' Spirit. Bagian gitar selanjutnya di "Stairway to Heaven" menunjukkan kepiawaian Page sebagai seorang gitaris yang banyak menyerap warna musik blues dan membawakannya dengan gayanya sendiri yang khas, lebih melodius, lebih keras dan lebih cepat.

Solo gitar Jimmy Page di "Stairway to Heaven" walaupun terdengar 'sederhana,' namun mendapat banyak pujian dari kritikus maupun musisi sesudahnya. Jajak pendapat pembaca majalah Guitar World tahun 2006, memberikan penghargaan The Greatest Guitar Solo untuk lagu ini.

Foto: Jimmy Page
  



sumber : http://hiburan.metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar