Minggu, 22 Mei 2016

Tuduhan Pesan Tersembunyi pada lirik lagu "stairway to heaven"

Dalam sebuah program televisi pada Januari 1982 di Trinity Broadcasting Network, yang diselenggarakan oleh Paul Crouch, dibahas mengenai pesan-pesan tersembunyi yang terkandung dalam banyak lagu-lagu rock populer, melalui teknik yang disebut backward masking.

Salah satu contoh pesan tersembunyi yang menonjol dikutip dalam "Stairway to Heaven." Pesan yang diduga terjadi selama bagian tengah lagu ("If there's a bustle in your hedgerow, don't be alarmed now..."). Bila bagian itu diputar mundur, konon mengandung referensi mengenai setan yang berbunyi "Here's to my sweet Satan" and "I sing because I live with Satan."

Led Zeppelin sendiri lebih memilih untuk mengabaikan klaim tersebut. Menanggapi tuduhan ini, Swan Song Record (label Led Zeppelin) mengeluarkan pernyataan: "Turntable (mesin pemutar piringan hitam) kami hanya berputar ke satu arah, (yaitu) ke depan."





Sound Engineer Led Zeppelin, Eddie Kramer, menyebut tuduhan itu benar-benar konyol, "Mengapa mereka (Led Zeppelin) mau menghabiskan begitu banyak waktu di studio untuk melakukan sesuatu yang sangat bodoh?"

Robert Plant, sang vokalis, menyatakan frustrasi dengan tuduhan itu, seperti dikutip dalam wawancara tahun 1983 dengan Musician Magazine, "Bagi saya itu sangat menyedihkan, karena 'Stairway to Heaven' ditulis dengan segenap hati nurani kami. Mengenai memutar balik kaset dan menempatkan pesan tersembunyi, itu bukan ide saya dalam membuat musik." (BBC News / Wiki).




sumber : http://hiburan.metrotvnews.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar